Dear Putri

     "We are growing up together!", kata-kata standar barusan cukup bikin gue ngerasa kayak 'Oh my God iya juga ya...'. Kata-kata itu keluar dari sebuah gas beracun yang mengendap di paralon-paralon tua belakang rumah. GA DENG. Kata-kata itu Putri yang bilang sih dua hari lalu. Emang sih ya, apapun yang dijalani dengan menikmatinya tuh ga kerasa udah jauh aja. Buset, kita bertumbuh bersama, Put! Kayak tete!
     Dimulai dari dada yang masih datar-datar aja cuma ada item-item gitu dikit kalo keliling komplek pake singlet doang mah ga nyeplak. Aman. as flat as our lyf before we finally met. Yha, Eno kecil adalah anak yang sungguh individualis. Bukan, bukannya ga pengen punya temen terus berbagi kebahagiaan dan membagi penderitaan. Tapi emang tiap berteman rasanya aneh gitu, kayak nggak nyambung. Yaelah Noque masih sd aja belagu amat.
     Terus kuncup kecil payudara mulai berkembang dalam persiapan untuk pertumbuhan saluran. Ini tuh kaya kita yang masuk ke SMP yang sama terus mulai ada pertanda-pertanda ilahi kalo bakal punya cerita kedepannya. Hari pertama pengumuman penerimaan siswa baru, gue lagi degdegan gitu soalnya udah banyak siswa lain yang gugur. Masih inget itu parkir kudu jauuuuuuuh banget dari gerbang soalnya rame banget kayak stasiun. Jalan kaki lah gue bareng Mama, masuk lewat gerbang, eh ada anak perempuan kecil-kecil kerdil berponi dan sungguh terlihat polos di deket gerbang. 'Cakep ya nih anak, kalem-kalem tai gitu'. Terus yaudahlah ya fokus gue kembali ke pengumuman di mading yang ketutup sama ketek Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu lain. Gue merasa cebol. Dan kecil (iya waktu itu badan masih kecil-kecilnya). Setelah Mama berjuang menembus lautan ketek itu, akhirnya di sana lah nama gue, Retno Widya Pangesti, lolos masuk sekolah yang luasnya luas banget ini. SMP Negeri 13 Pekanbaru.
     Sehari setelah pengumuman kita disuruh dateng buat pembagian kelompok MOS. Gue dateng tuh kan, mendengarkan instruksi dengan seksama. Sampe akhirnya nama gue disebut yang tandanya gue harus mencari kelompok V, kalo ga salah nama kelompoknya Mahrum Pekan. Terus, there she is! Si anak kecil-kecil kerdil berponi itu satu kelompok sama gue. Di nametagnya tertulis 'Putri Erfian'. Chu uga namanya, pasti nama Bapaknya Erfian hmmmmmm gue mulai berimajinasi. By the way waktu itu Eno kecil juga berponi, cuma poni depan gitu loh yang harus diroll tiap mau pergi-pergi. Nah si Putri ini poninya ke depan tapi serong. Duh gimana ya jelasinnya, poninya itu ke depan, tapi ekornya nyamping. Ekor apaan. Ekor poni gitu lhoooooo. YAUDAH IMAJINASIIN SENDIRI AJA YAH. Itu MOS berlangsung kira-kira 3 hari, ga jelas banget sih MOSnya ga seperti yang gue liat di tivi-tivi. Terus gue masih belom bisa move on dari nametag si anaknya Oom Erfian itu. Eh, rupanya setelah gue perhatikan dengan seksama ada huruf 'i' di ujung namanya. Putri Erfiani. Ah jadi ga keren, waktu itu gue ngotot dalem hati pokoknya mau nyebut nama ini orang Putri Erfian aja. Ya Allah sungguh nurani yang bar-bar. Tapi kayaknya Putri ini nggak notice gue sih, yawda lah ya ku hanya sepercik letusan minyak goreng ikan kembung. Setelah serangkaian MOS itu, gue ga pernah ketemu lagi sama Putri. Because kita beda kelas dan Spantibels ini rame banget udah kayak negara bagian gitu. Iya, Spantibels itu nama gaul sekolah gue, sekarang masih dipake ga yaa?
     Kemudian kita sampai pada proses di mana kuncup payudara mulai membesar dan ini sakit setai-tainya. Jadi akhirnya kita naik kelas, asique temen baru lagi. Iya, setelah lulus dari SD terkutuk di mana gue sebatang kara itu, ga ada tuh masalah-masalah klasik yang bikin gue ga cocok sama siapapun kaya dulu. Kayanya lingkungan tuh ngaruh, deh. Orang-orang di sini lebih 'gue banget'. Yaelah gaya. Jadi gue udah kelas 8 dan isi kelas tuh diganti mulu tiap naik kelas. Dan gue sekelas sama si Putri Erfian itu. (Masih kekeuh manggilnya ga mau pake 'i'). Doi duduknya di ujung kiri, gue di ujung kanan, tapi sama-sama paling depan. Dari awal masuk kayanya udah kebentuk aja gitu calon-calon geng penguasa dunia. Di kelas ada tiga golongan geng, yang pertama isinya anak-anak rajin nan patuh kepada guru, yang atu lagi isinya anak-anak hedon yang gaul gitu, yang terakhir sisanya anak-anak yang agak meliarkan diri sok-sok nakal gitu. YA AMPUN KALO INGET AHAHAHAHAHAHAHAH. Mana pada pake jipon lagi, iya jilbab poni. Itu jilbab sorong warna putih, terus poni ya keluar. Ya Allah untung gue ga pernah mengalami fase itu because Eno dulu sungguh jahanam. Dari senin sampe kamis emang udah nggak pake jilbab, sabtu juga engga, nah jumat kan wajib jilbab yah, pakenya pas belajar doang kampret. Keluar maen gue lepas, gerah, males lepek. Sungguh jahillyah. Tapi Putri gini juga sih. Kan belagu. 
     Jadi gue (member geng rajin nan penurut) dan Putri (member geng hedon) tuh semacam musuhan gitu loh. Tiap ada gotong royong mereka ga ngapa-ngapain anjir, gue udah cape-cape ngepel terus mereka menginjakkan kaki kotornya ke dalem kelas yang udah mengkilat. Bete ga lo. Mana di sini gotong royong seminggu tiga kali. Iya, makanya dapet Adipura mulu. So salah seorang temen segeng gue membanting meja di depan idung geng hedon waktu itu, buset itu langsung diem dan kita perang..............di facebook. GILA YA PUTRI CAKEP-CAKEP DEMEN GHIBAH DI FESBUK. Eno juga deng. Tak hanya di situ, masih banyak peperangan-peperangan sengit antara kedua geng kami. Geng yang satunya udah dengan sendirinya gitu jadi penengah, sungguh budiman. Eh tapi gue dulu rese banget sih, pernah tiap pagi gitu baca Al-Quran dulu kan sebelum belajar, nah jadi anak-anak sekelas pada ribut. Jadilah gue -yang penurut ini- bete, kesel-kesel caper gitu deh. Gue rekam lah tindak-tanduk anak sekelas yang emang kaya setan sih ampe manjat-manjat meja, klub hedon lagi asik ngegosip. Gue laporin ama Ma'am Nelly which is walikelas kita, jadilah mereka yang terekam itu dijemur di bawah sinar mentari jam 9 pagi HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. SUMPAH INI PADA DENDAM KE GUE AND THE GANK.
     Selanjutnya adalah fase payudara membentuk gundukan dan secara bertahap mulai membesar. Ini udah timing-timingnya beli miniset sih. Yah kaya waktu (akhirnya) gue naik kelas lagi, dan temen-temennya diacak lagi. Dan yak, gue sekelas sama Putri lagi. Bangsat. Kenapa kalo terdampar tuh ga bisa sama temen gue aja sih? Kenapa harus musuh? Kenapa!? Tapi guys, mau ga mau gue harus mengakrabkan diri sih sama makhluk ini. Soalnya kita sama-sama terdampar di kelas yang katanya kelas unggul bikos isinya adalah semua anak yang ranking 4-5 di lokal sebelumnya, soalnya yang 3 besar udah di kelas yang lebih unggul lagi. Iya sih, ranking gue sama Putri emang selalu gandengan. Tapi sumpah untuk masuk kelas unggul.... YA ALLAH GUE MERASA TERSESAT. Gue panik lah, orang masuk 5 besar aja tuh udah kayak dapet keberuntungan gitu, soalnya ga ngerti apa-apa juga sih kan heran:))))) ini tuh gue kayak yang emang udah bener-bener ga ngerti. Gimana sih ya jelasinnya. Emang udah ga ngerti gimana sih lo belajar tapi ga ngedit sama sekali. Yha, gue se-bego dan se-males itu. Dan tiba-tiba masuk kelas unggul, ya Allah... Dalem bayangan gue, gue bakal duduk paling pojok belakang ngango-ngango doang ga bisa disuruh maju ke depan, nangis di bawah sarang laba-laba. Untunglah ada Putri tempat gue bernaung..........yang rupanya sama aja:( Kita dulu tuh nol besar banget di pelajaran matematika. Sumpah nol besar banget. Ya gimana guru matematika selama kelas 8 tuh.... Gitudeh ehe eheh ehe. Mana dapet guru matematika yang sekarang tuh terkenal sadis killer ampun-ampunan gitu, namanya Bu Nurhayati BAC, panggilan sayangnya Bu Eti. Buset Allahuakbar gue bener-bener pengen nangis padahal udah ikut les ramean gitu. Jadi Bu Eti ini buka les matematika perkelas gitu kan pulang sekolah di rumahnya, gue ikutan dong demi memperbaiki kebobrokan ini. Tapi tetep ga ngerti buset dah. Akhirnya gue dan Putri berinisiatif untuk menemui Bu Eti dan.... "Buk plis plis plis Buk kami mau privat aja ya Buk lesnya, kami takut gak bisa jawab UN, Buk, PLIIIISSSSSSS" terus Bu Eti terseok-seok karena kami menggelantung di kaki Beliau. Alhamdulillah Buk Eti mau, les nya malem tiap abis maghrib, sampe jam 10 malem. Ditambah satu lagi temen kita namanya Bella, terus di ujung semester Nadia ikutan. Btw rumah Bu Eti ini di ujung gang, ke sana dikit jurang. Mana gelap banget. Jadi kita tuh kalo les dianter sampe lapangan depan gang doang, saling tunggu menunggu gitu soalnya takut jalan duluan ke dalem. Pulangnya gitu juga, itu mobil jemputan di lapangan udah macem siap-siap mau konfoi tengah malem berjejer gelap-gelapan. Dan ya, makin ke sini kayaknya gue jadi makin deket sama Putri. Gue ngerasa kayak lagi nemuin miniset yang pas.
     Akhirnya sampai di proses di mana payudara berbentuk bulat sempurna dan kita udah bisa ngira-ngira ukuran tetap beha. Gue udah menerima kenyataan dan akhirnya mengalah mau manggil nama lengkap putri jadi Putri Erfiani. Karena rupanya nama Bapaknya bukan Erfian, tapi Oom Wan. YA ALLAH GA PENTING BANGET. Tapi ya, kita tuh jadi deket yang deket banget karena klop yang klop banget. Sampe akhirnya kita lulus SMP dan masuk ke SMA yang beda. Tapi ga ada yang berubah, sumpah. Kita setiap hari komunikasi intens. Bener-bener intens kayak orang pacaran gitu creepy gak tuh! Ga deng, biasa aja sebenernya. Sampe sekarang, sampe kita sama-sama udah kuliah semester tiga. Kita udah tau yah borok-borok dan bobrok-bobroknya masing-masing. Up and down kita lewatin bareng. Ini bener-bener up and down. Maksudnya tuh kalo down ya emang down banget, udah kompleks, dan ga kaya masalah-masalah mainstream yang biasanya diselesaikan anak baru lulus SMP deh. YAELAH KOK MALAH BANGGA. Ya bangga lah. Dia, sahabat gue, tau gue luar dalem, nemenin gue waktu lagi jatuh yang bener-bener jatuh. Dan kita rasa gitu juga sebaliknya. Ga ada gengsi sebesar biji zak... Zarah pun. Yang gue bisa cerita serius sampe ngaco, cerita islami sampe bokep. YAH KAN KETAUAN PUT. Dari kita masih bocah banget, sampe kita ngetawain masa-masa itu. Dari drama-drama klasik kita, sampe masalah-masalah kompleks kita. Dari jaman fesbuk, twitter, instagram. Dari jaman jomblo, punya pacar, mainin pacar, putus, jomblo lagi. Sampe pacaran serius, barengan pula. Buset itu udah ngerasa kek 'PUT NTAR KITA NIKAHNYA BARENGAN AJA APAH SATU MESJID'. Dan sama-sama diputusin tanpa alesan yang jelas HAHAHA MAMPUS. Terus kita sendirian lagi lama banget. Sampe kita ketemu mereka berdua, dua laki-laki yang bikin kita kayak 'Ya Allah gue ke mana aja sih selama ini pacaran kok ga se asik ini'. Dari kita jaim-jaim jijai, sampe kita apa adanya banget ke orang lain. Tsailah kita saling menuntun dan mengingatkan. Gue ga pernah sedikitpun nyangka kita bakal se-deket ini. Anak perempuan ponian yang kerdil di depan gerbang tahun 2008 itu, sekarang sahabat gue.
     Btw gue mau protes sih. Seperti yang tertera berikut ini :
1. Kenapa lo ga notice gue sih astaga kesannya kan kaya gue yang ngebet pengen kenal gitu jiji banget.
2. MINTA MAAF GA LO DULU SERING MENYINDIR GUE DI PESBUK
3. Kenapa sih jadwal mens kita harus sama.
     Ehehehehehehe panjang banget ya.
     Put makasih loh udah jadi partner gue yang abnormal. Makasih udah lahir jadi Putri yang selera humornya receh banget tak berharga. Bilang makasih juga kek ke gue. Gue udah jadi temen lo yang wise dan berbudipekerti luhur. Dah ah ntar mellow. Me loves you, Put <3
     Kemaren gue ada nanyain lo mau yang kanan apa kiri dan lo jawab kanan. Baeqlah, kita tumbuh bersama seperti tete, lo tete kanan, gue tete kiri. Dan persahabatan kita adalah beha yang mahal, nyaman banget dipakenya. See you on top, Dear Putri!
     

Komentar

Posting Komentar

some comments please :)

Postingan populer dari blog ini

cerpen : Merpati Rindu :)

Hujannya langit, untuk bumi