Hal-Hal yang Menunda Move On

                Selamat  sabtu malam! Well, move on udah bukan kosakata baru lagi buat kebanyakan dari kita. Move on itu apa siiiiih? Menurut riset yang gue lakuin di perkumpulan jomblo baik yang senior maupun newbie, move on adalah :

“Move on ituu kita udah ga mikirin dia terus lagii, udah ga berpikir he is the one lagi, dan kita udah bisa melanjutkan hidup dengan normal lagi”  - @PutriErfianiZ

“Kalo aku tau apa, aku ndak mungkin jatuh terus” - @Arvianii

“Move on itu, gerakan maju satu langkah bagi seseorang yang akhirnya mengakhiri kesedihannya setelah patah hati dengan memakan waktu lama untuk merenungkan itu semua” -  @Megaayuadila

“Move on itu kalo kita udah bener-bener bisa ngelupain mantan, udah bisa nerima kenyataan kalo dia gak punya kita lagi, dan hal terpenting kita udah dapetin seseorang yang pas dan cocok buat kita” - @GYustikarini

“Move on adalaaaah, ketika sang jomblo telah menemukan tambatan hati yang baru dan berhasil melupakan masa lalunya yang suram” - @dindanadiraw

“Move on itu melupakan seseorang dan peristiwa yang pernah kita lalui bersama seseorang tersebut. Boleh dikenang tapi jangan diingat” - @fenthiadevril

“Ninggalin tempat yang lama, ke tempat yang baru yang lebih baik” - @citaacendikia

“Kita nggak boleh melihat masa lalu lagi. Kita harus melihat kehidupan di  depan yang pasti lebih cerah. Tapi kita harus ikhlas menjalaninya” - @KikyDharmaS

“Move on itu pindah. Dari ‘in relationship’ ke ‘single’ doaong. Masalah ngelupain kenangan itu udah bukan konteks move on” - @DeskafianiPutri

                Semua yang dibilang orang-orang jomblo di atas itu udah bener. Dan menurut gue, move on itu lebih dari sekedar ngerelain dia yang udah bukan milik kita lagi, karena ‘pacaran’ sendiri bukan berarti milikin pasangan lo seutuhnya. Jadi, apa yang harus direlain? Yang harus direlain buat pergi sejauh-jauhnya adalah ego dan pikiran lo; ego lo buat nunjukin ke orang-orang kalo ‘dia’ adalah ‘kepunyaan lo’, dan pikiran-pikiran lo tentang memiliki ‘dia’ seutuhnya. Ya gimana mau milikin seutuhnya, separoh aja ga bisa..... Dan akhirnya kita berhenti di tempat yang tepat. Tepat dalam segala konteks, tepat untuk berelindung dan dilindungi.

               Beberapa minggu yang lalu, temen gue; sebut aja Britney, baru diputusin sama cowonya, Karjo. Britney nangis kejer ke rumah gue, curhat kalo dia baru diputusin tanpa sebab. “Lo yakin nggak abis ngelakuin kesalahan apa-apa, Brit?”. Dia udah terkapar di karpet kamar gue, nggak bisa berkata-kata lagi saking sedihnya. Gue iba, gue pengin nenangin tapi bingung musti gimana. Britney ke rumah gue sambil nyeker dan kayaknya nggak sempet sisiran. Jadi gue cuma peluk dia, sambil bisikin, “Everything's gonna be okay”. Terus nyisirin rambutnya, dan minjemin sendal  biar dia pulang nggak nyeker lagi. Sampe sekarang, itu sendal nggak pernah balik lagi ke rumah gue. Yah, nasib... siapa yang tau kalo sepasang sendal bisa lebih dulu move on daripada elo.

                Gue ngerti sih kenapa Britney sampe sekacau itu. Sepengelihatan gue, dulu mereka pacaran sweet banget. Gue inget dulu Britney pernah cerita, Karjo sempet ngimamin dia sholat maghrib di tepian sawah sehabis mereka manen padi tetangga. Juga waktu Britney dengan senang hati bantuin Karjo ngupil karena telunjuk Karjo tiba-tiba ditumbuhi tanduk misterius. “Karjo itu yang terbaik buat gue pokoknya ih. Gue nggak tau bakal nemuin orang yang kayak dia di mana lagi, kapan lagi. Dia yang selalu nembang jawa tiap malem jumat kliwon, dia yang rajin bawain gue kembang tujuh rupa. Gue cinta dia, Nok. Karjo is the best”.

                Epic... Love is epic, sodara-sodara.

                Dan berikut ini adalah hal-hal yang menurut gue bikin orang gagal atau susah move on :

1. Those sweet memories

                Kenangan manis emang bahaya, bro. Setelah putus, kita seringkali meluangkan 2/3 hari buat mengingat-ingat kenangan manis bareng dia. Terus tiba-tiba aer mata lo ngalir, lewat pipi menuju hidung, bersatu dengan ingus dan berakhir di bibir, terus kejilat. Asin? Emang. Itu mungkin karena kebanyakan mecin, wich is known as ‘bumbu penyedap’. Iya, kenangan manis itu kayak bumbu penyedap, yang kalo kebanyakan dikonsumsi bisa jadi penyakit.

Gue ngerti gimana pedihnya waktu lo keinget gimana proses dia nyatain cinta, dan minta lo baik-baik buat jadi bagian hidupnya. Gimana pertama kali dia genggam tangan lo dan waktu itu lo ngerasa semua bakal baik-baik aja selama dia ada di samping lo. Waktu dia pamitan ke orangtua lo buat ngajakin lo makan siang bareng di luar. Waktu kalian telponan sampe pagi walaupun lebih banyak diemnya. Waktu dia nyanyiin lo sambil maenan gitar, terus lo ikut nyanyi bareng tapi malu-malu. Dan sekarang, dia cuma bakal hidup di pikiran lo. Gue ngerti gimana ngenesnya mengingat sesuatu yang udah nggak bisa lo ulang lagi, padahal lo seneng banget ngalaminnya.

Kenangan manis, rupanya nggak semanis namanya. Kebayang waktu lo lagi nyaman banget menjamban (re : boker) dan pikiran lo kosong, tiba-tiba kenangan-kenangan itu lewat depan lo. Sesaat lo ngira lo lagi nonton di blitzmegaplex, lo udah bayar tiket dan meluangkan waktu lo yang berharga buat merelaksasikan saraf lo yang tegang kebanyakan kerja dan mikir gimana caranya buat move on. Eh di luar sepengetahuan lo, pelem yang lo tonton adalah masa lalu lo sendiri. Tiba-tiba terdengar backsound The Man Who can’t be moved. Sakit, men.. Sakit. Dan sialnya lagi, lo lupa kalo lo lagi boker dan jadi nggak fokus. Terus poop-nya ngambek dan nggak mau keluar lagi. Poor you...

Gue paham, gimana frustasinya elo yang kebayang-bayang kenangan manis yang diberikan orang di masa lalu lo. Yang indah-indah emang bikin nggak bisa pindah, sih. Tapi, bro.. Puhleaseee, Tuhan nggak ngasih lo skenario segini ruwet tanpa maksud. Elo tau kenapa lo dibikin pisah sama si ‘Pelukis Kenangan Manis’ kesayangan lo di masa lalu itu? Karena di luar sana mungkin ada ‘Penulis Cerita Manis’, yang ngumpulin satu persatu senyuman lo di sela-sela kesedihan lo meratapi masa lalu. Dia mungutin kebahagiaan lo, yang muncul sekali-sekali di sudut bibir lo ketika lo sibuk berkutat di masalalu dan menyesali perpisahan. Di depan sana, ada orang yang kagum sama elo, yang pengen jagain senyuman lo biar dia bisa setiap saat menikmati indahnya.

2. Masih Sayang

                Hubungan yang berakhir di luar kemauan lo emang  biasanya nggak bener-bener berakhir, sih. Rasa sayang yang di-hilang-paksa-kan cuma bakal ganti nama jadi ‘Masih sayang’. Sistematika pacaran itu dimulai dari saling lihat, jadi saling kenal, lebih jauh lagi jadi saling mengerti. Kemudian saling sayang. Dan beberapa kasus yang terjadi belakangan ini adalah, pisah waktu lagi sayang-sayangnya. Kasian.

                Keputusan lo buat berbagi rasa sayang dengan mengikatkan diri sama orang lain itu sebenernya nggak salah. Ya iyalah, apa yang salah dari saling menjaga dan dijaga? Yang salah adalah, ketika perpisahan udah nggak bisa dicegah lagi, lo stuck di situ dan nggak mau gerak. Dan lo mengatasnamakan ‘rasa sayang’ buat berkutat di kesedihan. Segitu rendahnya rasa sayang di mata lo sampe jadi alasan lo sedih berlarut-larut? Lo boleh membagi rasa sayang lo yang meluap-luap buat seseorang, tapi bukan berarti lo kasih semuanya.

                Dan gue nggak setuju sama statement ‘masih sayang’. Kalo sayang mah sayang aja, nggak usah dikasih embel-embel ‘masih’. Lo tau, itu jadi bikin kita keliatan ngambang kaya poop di kali yang airnya nggak ngalir. Pilihan lo cuma ‘sayang’ atau ‘nggak sayang sama sekali’. Kalo lo beneran sayang dan yakin rasa sayang lo nggak bakal sia-sia, ya lo perjuangin lah itu perasaan. Tapi kalo lo sendiri masih gamang, rasa sayang lo itu fungsi apa engga, wislah berhenti ajah. Masih banyak yang pantes disayang-sayang di muka bumi ini, brohhhh.

3. Mengharga-mati-kan bahwa dia yang terbaik buat kita

                Love is blind. Iya, cinta emang buta. Kita ketemu banyak orang yang nggak kita kenal-kenal banget, dan memilih salah satu untuk jadi partner hidup. Bagi orang-orang yang menghargai proses (biasanya orang-orang ini adalah orang-orang yang susah move on), hal-hal yang terjadi dari jaman lirik-lirikan dan kode-kodean dari balik tembok sampe makan suap-suapan terus tiba-tiba putus itu emang precious banget. Ya kebayang sih gimana perjuangan lo buat nyatuin dua kepala seisi-isinya yang tadinya beda jalan, jadi sejalan. Buat ngadepin masalah dari sesimpel cemburu-cemburu kecil sampe insekyur tingkat dunia-akherat karena jarak dan waktu yang berbanding terbalik dengan rindu. Lo inget gimana lega dan bangganya waktu kalian bisa ngasih liat ke orang-orang kalo kalian berhasil  bertahan sejauh itu, ngelewatin masalah bareng-bareng dan saling menguatkan. Lo inget gimana cuma di depan dia lo bisa makan nggak pake jaim, ketiduran dan lo nggak peduli bakal ngiler di pundaknya berapa liter. Cuma di depan dia lo bisa kentut di sela-sela ngobrol, dan nyanyi bareng walopun suara lo fales banget. Waktu itu lo bakal mikir..... Nggak ada lagi yang bisa kayak dia.

                Lo berusaha jagain dia, dan hubungan kalian.  Soalnya lo takut, “Kalo dia pergi, siapa lagi yang bisa terima gue sampe  jelek-jeleknya gue?”. Soalnya di otak lo udah keprogram, “Gue harus pertahanin dia, karena nggak ada yang baik buat gue selain dia”. Terus , lo mati-matian pertahanin dia. Berusaha terima jelek-jeleknya dia yang udah di luar toleransi  lo yang sebenarnya. Lo berusaha memahami kekurangan dia, yang sebenernya udah nggak bisa dimaklumi lagi sama akal lo. Lo maksa buat bertahan, tapi  lo melepaskan prinsip hidup yang udah membesarkan lo sejauh  ini. Lo kehilangan diri lo, cuma untuk memahami orang lain. Lo rela? Cinta nggak se-sarkas itu, tau. Kalo Tuhan ngejauhin dia dari lo sekarang, berarti dia emang bukang yang  terbaik buat lo saat ini. Dan kalo udah gitu, berarti ada yang lebih baik  lagi buat lo.

                DAN... HARI GINI ELO MASIH BELOM MOVE ON?!

                Soal temen gue, Britney. Dia udah keluar dari bayang-bayang masa lalunya. Dia udah mengikhlaskan Karjo pergi dari hidupnya. Dia udah bahagia banget sekarang, kayaknya sih dia mulai jatuh cinta sama Justin. Kenapa? Lo protes karena Britney move on-nya cepet banget? Terus tiba-tiba udah jatuh cinta lagi aja? Ya ngapain juga move on ditunda-tunda. Dan soal jatuh cinta, namanya juga jatuh, ya siapa yang pengen. Bukan berarti Britney ini dulunya nggak sayang sama Karjo, dia sayang banget. Sampe di depan jambannya dibikin grafiti nama Karjo. Tapi, Karjo yang memilih untuk berjalan masing-masing. Britney juga punya kehidupannya sendiri, dia berhak bahagia. Dan itu kenapa gue dukung dia jatuh cinta sama Justin, yang barangkali bisa lebih menghargai sesuatu yang dipunya, ketimbang Karjo.

                Apa lagi alasan lo buat nunda move on?

Selamat malam, teman-teman senasib sejomblo-an. Happy Move On!!

PS : Setiap kamu berpikir untuk sedih, pikir duakali untuk mengingat orang yang menunggumu tersenyum setiap harinya. Dia ada, walaupun kau tak pernah melihatnya : )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerpen : Merpati Rindu :)

Dear Putri

Hujannya langit, untuk bumi